Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonis

Menjalin hubungan jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan istilah LDR (Long Distance Relationship) memang bukanlah perkaya yang mudah. Selain harus saling percaya satu sama lain, hubungan seperti ini kerap menimbulkan berbagai gejolak terutama bagi pasangan yang ditinggalkan. Namun meskipun begitu, bukan berarti jika hubungan jarak jauh tidak bisa bertahan lama.

Dengan tips menjalin hubungan jarak jauh tetap romantis, setidaknya Anda memiliki hubungan yang lebih baik dengan pasangan. Bahkan jika Anda mau menerapkannya, maka bukan tidak mungkin jika hubungan LDR Anda dengan pasangan mampu bertahan hingga jenjang yang lebih serius. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga hubungan jarak jauh tetap romantis dan langgeng.

Jaga Komunikasi dengan Baik

Komunikasi menjadi salah satu hal yang cukup penting dalam sebuah hubungan. Bahkan untuk hubungan yang tidak masuk ke kategori LDR pun komunikasi bisa sangat dibutuhkan. Apalagi untuk Anda yang jarang bertemu dengan pasangan? Tentu komunikasi menjadi salah satu kunci agar hubungan tetap harmonis dan langgeng-langgeng saja.

Tidak perlu berlebihan dalam berkomunikasi. Meskipun jarang bertemu, namun komunikasi singkat namun tetap dilakukan setiap hari menjadi cara yang lebih tepat untuk Anda yang memiliki hubungan jarak jauh. Anda bisa memberikan kabar ataupun menanyakan kabar pasangan minimal 1 kali setiap hari. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman dan mempererat hubungan Anda dengan pasangan.

Bangun Komitmen dengan Pasangan

Komitmen menjadi hal kedua yang sangat dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Dengan adanya komitmen yang kuat, maka meskipun jarak sedang memisahkan Anda dengan pasangan. Namun hubungan yang kalian bina akan tetap berjalan dengan baik dan langgeng. Cobalah untuk bangun komitmen dengan pasangan agar hubungan jarak jauh tetap awet hingga tujuan akhir keduanya.

Saling Terbuka Satu Sama Lain

Sikap saling terbuka satu sama lain bisa menjadi penguat hubungan jarak jauh. Dimana jika Anda mau terbuka dengan pasangan dan begitu pula sebaliknya. Maka hubungan yang kalian bina bisa bertahan hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan sikap saling terbuka ini dapat membangun kepercayaan untuk menghindari rasa curiga satu sama lain. Sebaiknya, selalu utarakan apa yang Anda rasakan dan jangan sampai ada yang ditutup-tutupi.

Gunakan Waktu Luang Untuk Bertemu

Meskipun sedang menjalin hubungan jarak jauh, tidak ada salahnya jika Anda mau meluangkan waktu sedikit untuk bertemu dengan pasangan. Sesibuk apapun Anda dan sejauh apapun jarak yang memisahkan. Namun jika Anda mau meluangkan waktu untuk pasangan, meskipun itu hanya sebentar. Maka hal ini dapat memberikan kesan spesial bagi pasangan Anda.

Bangun Kualitas Pertemuan yang Lebih Menarik

Mengingat kesibukan sekaligus jarak yang jauh, tentu pertemuan tidak selamanya dapat Anda lakukan setiap saat. Bahkan jika pasangan Anda sedang berada di luar pulau atau bahkan di luar negeri. Tentu kapasitas untuk bertemu semakin sulit. Namun saat Anda bertemu, coba bangun kualitas pertemuan Anda dengan hal-hal yang lebih menarik. Misalnya, pergi ke tempat awal jadian, makan berdua, nonton, main game, atau bisa juga dengan hal-hal lain yang kalian sukai.

Ajak Pasangan Bermain ke Tempat yang Mereka Sukai Meskipun Cuma Sebentar

Mengingat waktu pertemuan Anda dengan pasangan tidak terlalu lama dan bahkan belum tahu kapan akan bertemu kembali. Maka tidak ada salahnya jika Anda memilih untuk mengajaknya ke tempat yang mereka sukai. Anda bisa bertanya terlebih dahulu ingin pergi kemana atau bisa juga langsung mengajaknya ke suatu tempat yang mereka sukai sebagai kejutan romantis.

Habiskan Waktu Berdua Ketika Bertemu

Karena Anda dengan pasangan sangat jarang bertemu dan bahkan hanya bisa bertemu dalam waktu yang sangat sebentar. Maka habiskan waktu tersebut dengan hanya berdua saja. Hindari kepentingan-kepentingan lain yang bisa merusak waktu Anda dengan pasangan.

Bersikap Saling Dewasa

Tentu Anda sudah tahu jika menjalin hubungan jarak jauh itu tidaklah mudah? Namun, Anda bisa menjaganya dengan bersikap lebih dewasa. Hindari sikap-sikap yang membuat pasangan jadi risih, bosan dan justru menjauh dari Anda. Seperti over protektif, curigaan, gampang ngambek, gengsi untuk menghubungi pasangan saat dia belum menghubungi Anda, dan masih banyak lagi. Sebaiknya, buang jauh-jauh sifat kekanakan tersebut agar hubungan Anda dengan pasangan tetap harmonis.

Saat Merasa Kesepian, Cobalah Untuk Mencari Kesibukan

Menjalin hubungan jarak jauh tentu tak lepas dari rasa kesepian. Bahkan rasa kesepian bisa membuat Anda jadi berbelok arah dan justru mencari TTM (Teman Tapi Mesra). Namun jangan sampai hal itu terjadi? Coba ingat-ingat komitmen pertama Anda. Jika Anda merasa kesepian, maka cobalah untuk mencari kesibukan. Misalnya, bisa dengan bertemu teman atau kesibukan-kesibukan lain yang membuat Anda jadi tidak kesepian lagi.

Selalu Positive Thinking

Selalu berpikir positive thinking dengan pasangan sama saja dengan Anda membangun kepercayaan denganya. Hindari pikiran-pikiran negatif karena hanya akan membuat hati menjadi gelisah. Anda bisa memberikan kepercayaan penuh kepadanya. Jikapun dia berbohong di belakang Anda, maka serahkan pada Tuhan. Biar Tuhan yang bertindak lebih tegas kapadanya nanti.

Beri Kejutan Romantis

Tips menjaga hubungan jarak jauh tetap harmonis dan awet bisa Anda lakukan dengan memberikan kejutan romantis pada pasangan. Jika Anda adalah pasangan perempuan, bukan saatnya untuk merasa gengsi untuk memberikan kejutan lebih dulu. Kejutan romantis bisa Anda lakukan dengan banyak hal, misalnya dengan mengirimkan video tentang perjalan cinta kalian berdua, memberi kado meskipun bukan hari spesial, dan yang lainnya.

Bangun Visi dan Misi yang Lebih Kuat

Visi dan misi mungkin tidak hanya berlaku bagi perusahaan saja. Melainkan di dalam sebuah hubungan juga penting untuk memiliki visi dan misi ke depannya. Bahkan untuk hubungan jarak jauh, visi dan misi sangatlah dibutuhkan. Tentu sebagai pasangan yang ditinggalkan, Anda tidak mau jika hubungan yang telah Anda jalin hanya begitu-begitu saja tanpa ada tujuan ke depannya.

Gunakan Alat Komunikasi yang Berbeda

Jika selama ini Anda menggunakan handphone sebagai satu-satunya alat komunikasi dengan pasangan. Maka agar hubungan lebih berwarna dan tetap harmonis. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan alat komunikasi yang lain daripada yang lain. Cobalah untuk kembali menggunakan alat komunikasi surat meskipun hal tersebut terkesan jadul. Karena dengan surat, Anda bisa lebih leluasa mengutarakan isi hati.

Jangan Lupa Tanyakan Kabar Dia

Meskipun Anda sibuk, namun jangan sampai lupa untuk tanyakan kabar dia meskipun itu di malam hari sekalipun. Sempatkan waktu sebentar untuk mengetahui kabarnya karena hal ini dapat menjaga hubungan Anda tetap harmonis.

Jaga Kualitas, Bukan Kuantitas

Menjalin hubungan jarak jauh tentu kapasitas Anda untuk bertemu dan berkomunikasi pun jadi berkurang. Saat hal tersebut tidak dapat Anda lakukan secara leluasa, maka bangunlah pertemuan dan komunikasi yang lebih berkualitas. Jangan sesekali telepon untuk menanyakan kabar ataupun ingin cepat-cepat bertemu lagi. Karena hal tersebut akan membuat pasangan jadi risih.

Meskipun Anda sedang menjalin hubungan jarak jauh, bukan berarti jika hubungan tersebut tidak dapat dipertahankan. Dengan tips menjaga hubungan jarak jauh tetap harmonis. Maka hubungan Anda dengan pasangan akan tetap langgeng hingga ke jenjang yang lebih serius.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *