Menu Sehat dan Lezat Untuk Mengendalikan Gula Darah yang Patut Anda Coba

Image result for menu mengurangi karbo

Diabetes mengharuskan penderitanya menjalani diet selama seumur hidupnya. Tidak mudah untuk mengubah pola hidup secara drastis dan dilakukan selama seumur hidupnya. Apalagi bagi penderita diabetes,  gula merupakan makanan terlarang untuk dikomsumsi.  Kecukupan gula yang didapatkan dari konsumsi karbohidrat kompleks sudah memenuhi kebutuhan harian, sehingga tidak dibutuhkan gula sederhana. Penderita diabetes harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya supaya gula darahnya tetap terkendali. Menjalani diet seumur hidup tentu tak mudah sehingga dibutuhkan menu sehat dan lezat untuk penderita diabetes.

Sama halnya dengan bukan penderita diabetes,  unsur makanan yang dibutuhkan untuk penderita diabetes adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat. Makanan yang bisa dikonsumsi para penderita diabetes sebenarnya juga tidak terbatas makanan tertentu. Yang dilarang hanyalah konsumsi gula sederhana dan karbohidrat kompleks secara berlebihan. Sedangkan makanan lainnya tetap bisa dikonsumsi dengan jumlah tertentu.  Jadi para penderita diabetes tidak perlu menghindari sama sekali jenis makanan tertentu, hanya perlu mengatur porsinya saja.

BACA JUGA: Cara Mudah Mengobati Sakit Tenggorokan

Menu Sehat dan Lezat Untuk Mengendalikan Gula Darah

Kadar gula dalam darah akan meningkat jika makanan yang mengandung gula selesai dicerna dan diserap glukosanya masuk ke dalam darah.  Oleh darah, glukosa akan dibawa ke sel-sel untuk diolah menjadi energi.  Sedangkan sisanya akan diubah menjadi glikogen oleh insulin. Kadar gula darah akan melonjak drastis paling tidak dua jam setelah makan. Jika pankreas masih bisa bekerja dengan baik dapat menghasilkan insulin yang cukup untuk mengubah glukosa menjadi glikogen atau gula otot yang nanti dilepaskan kembali ketika dibutuhkan. Namun jika pankreas tidak maksimal maka insulin yang dihasilkan kurang bahkan sudah tak mampu lagi menghasilkan insulin. Dibutuhkan pengaturan menu makanan supaya kadar gula dalam darah tetap terjaga normal. Berikut unsur-unsur makanan yang dibutuhkan oleh tubuh yang berperan penting dalam mengendalikan kadar gula darah.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan asupan utama yang harus diatur jumlahnya pada penderita diabetes.  Karbohidrat baik yang sederhana maupun kompleks semuanya akan diolah menjadi glukosa yang akan dibawa darah untuk mencukupi kebutuhan energi sel-sel tubuh. Jika terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, otomatis glukosa yang masuk ke darah juga tinggi. Hal ini menyebabkan terjadinya lonjakan kadar gula dalam darah.

Pada orang normal,  kelebihan gula darah bisa disimpan dalam bentuk glikogen karena diubah oleh insulin. Sedangkan pada diabetesi, hal ini tidak bisa terjadi sehingga kadar gula dalam darah akan tetap berada dalam darah dan akan dibawa menuju organ-organ dalam tubuh. Konsumsi karbohidrat bagi diabetesi dianjurkan hanya 130 gram per hari atau sebanyak 46%-65% dari total asupan kalori harian.

Sumber karbohidrat yang baik adalah karbohidrat kompleks yang memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik rendah memungkinkan glukosa dilepas secara perlahan ke darah sehingga tidak mengakibatkan lonjakan kadar gula dalam darah.  Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks terbaik yang memiliki indeks glikemik rendah sekaligus serat yang tinggi.

BACA JUGA: Olahraga dan Makanan yang Baik Untuk Mengecilkan Perut

  1. Lemak

Lemak sering dihindari karena dianggap sebagai penyebab terjadinya kegemukan bahkan obesitas. Padahal lemak sebagai unsur makanan yang memiliki energi paling tinggi. Penderita diabetes tetap membutuhkan lemak namun tetap dengan jumlah terbatas. Asupan lemak yang dianjurkan bagi penderita diabetes tidak boleh lebih dari 30% asupan kalori harian atau sebaiknya hanya 20-25%. Konsumsi lemak harian ini terbagi menjadi kurang dari 7% konsumsi lemak jenuh, kurang dari 10% untuk lemak tak jenuh ganda sedangkan sisanya untuk lemak tak jenuh. Sebaiknya para penderita diabetes menghindari konsumsi lemak trans dan sangat membatasi konsumsi lemak jenuh misalnya daging berlemak.

  1. Protein

Pasien diabetes hanya membutuhkan asupan kalori sebesar 10-20% dari jumlah total kalori harian yang dibutuhkan. Sumber protein ada dua jenis yaitu nabati dari hewani. Produk protein yang baik adalah kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Sedangkan produk protein hewani yang baik untuk dikonsumsi adalah susu rendah lemak, daging sapi tanpa lemak dan dada ayam

  1. Natrium

Penderita diabetes terutama yang juga mengalami hipertensi disarankan untuk mengurangi konsumsi natrium. Pasien diabetes tidak boleh mengkonsumsi natrium lebih dari 2000 miligram per hari yang bisa dicukupi dari konsumsi garam, vetsin, dan pengawet seperti natrium benzoat.

  1. Serat

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi serat minimal 20-25 miligram per hari. Serat bermanfaat untuk mengurangi lemak darah, membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin.

  1. Gula

Gula sebenarnya merupakan bagian dari karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana.  Gula yang dikonsumsi tak banyak mengalami proses pencernaan akan langsung dipecah dandiserap oleh usus. Gula sebenarnya adalah asupan yang dilarang untuk dikonsumsi. Namun, saat ini bisa digantikan dengan gula rendah kalori yang sudah banyak beredar di pasaran.

Para penderita diabetes tidak perlu merasa sulit makan karena semua makanan pada dasarnya bisa dikonsumsi asalkan jumlahnya tidak berlebihan dan sesuai dengan yang disarankan. Penderita diabetes sehari hanya membutuhkan sekitar 1900 kalori. Berikut ini beberapa contoh Menu Sehat dan Lezat Untuk Mengendalikan Gula Darah.

Menu 1

Sarapan (Jam 7)

Nasi sekitar 200 gram

Telur dadar 1 butir

Tumis kacang panjang sekitar 20 gram (2 sdm)

Tahu kukus wortel 1 potong kira-kira 20 gram

Camilan (jam 9)

Buah melon potong

Makan siang (jam 1)

Nasi sekitar 200 gram

Mangut ikan sekitar 40 gram (1 potong)

Tempe goreng sekitar 50 gram (2 potong)

Sayur bayem sekitar 100 gram (1 mangkuk)

Camilan (jam 4)

1 buah pisang

Makan malam (jam 7)

Nasi sekitar 200 gram

Ayam goreng sekitar 40 gram (1 potong)

Tumis kangkung sekitar 110 gram

Tahu goreng (2 potong)

 

Menu 2

Sarapan (jam 7)

Nasi  hainan sekitar 200 gram (1 gelas)

Tempe goreng 50 gram (1 potong)

Telur bebek asin 50 gram (1 butir)

Sayur sop wortel brokoli (1 mangkuk)

Camilan (jam 9)

Buah mangga potong sekitar 100 gram

Makan siang (jam 1)

Nasi sekitar 200 gram

Ikan goreng sekitar 40 gram (1 potong)

Sayur asem berisi sekitar 100 gram (1 gelas)

Pisang 2 buah

Camilan (jam 4)

Setengah gelas yoghurt plain

Makan malam (jam 7)

Nasi sekitar 100 gram (1 gelas)

Telur dadar 1 butir

Tumis brokoli wortel  berisi sekitar 100 gram

 

Menu  3

Sarapan (jam 7)

Nasi sekitar 150 gram

Cah jamur saos tiram sekitar 35 gram

Tempe goreng tepung sekitar 50 gram (2 potong)

Oseng-oseng kacang panjang dan tauge sekitar 50 gram

Camilan (jam 9)

Buah semangka potong sekitar 100gram

Makan siang (jam 1)

Nasi sekitar 200 gram

Pepes ikan sekitar 40 gram (1 potong)

Perkedel tahu sekitar 50 gram (2 potong)

Sayur lodeh

Camilan (jam 4)

3 potong roti putih dan setengah gelas jus jeruk

Makan malam (jam 7)

Nasi sekitar 200 gram (1,5 gelas)

Opor ayam sekitar 40 gram (1 potong)

Tahu bacem sekitar 110 gram

Tumis sawi putih sekitar 50 gram

Pisang

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *