Mengapa Tubuh Mengalami Insomnia?

Image result for insomnia

Beberapa orang mungkin pernah mengalami insomnia. Insomnia adalah kondisi ketika Anda merasa kantuk tetapi tidak dapat tidur, atau tidak memiliki rasa kantuk sama sekali sampai larut malam. Insomnia juga terkadang membuat seseorang bangun terlalu pagi dengan keadaan tubuh tidak segar. Jika insomnia terus mengganggu malam Anda, tentu keadaan ini akan membuat tubuh tidak sehat karena waktu istirahat tidak ideal, atau performa di kantor tidak optimal, dan emosi Anda menjadi tidak stabil.

Orang yang memasuki umur dewasa tentu lebih sering terjangkit insomnia dibandingkan remaja atau anak-anak. Jangka waktu insomnia setiap orang juga berbeda-beda. Ada yang mengalaminya dalam dua atau tiga hari saja namun ada pula yang mengalami hal ini setiap hari. Bagaimana bisa demikian? Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan gejala seseorang mengalami insomnia, penyebabnya, dan upaya pencegahan.

Gejala Insomnia

Kenali gejala insomnia berikut ini agar Anda dapat mengidentifikasi apakah Anda terjangkit insomnia atau tidak. Berikut gejalanya.

  • Kesulitan untuk tidur saat malam hari
  • Lebih sering terbangun tanpa alasan di tengah malam
  • Meskipun sudah tidur, Anda tetap merasa kantuk dan lelah
  • Sulit berkonsentrasi
  • Lebih sering melakukan kesalahan

Jika Anda mengalami beberapa hal di atas bisa jadi Anda menderita insomnia. Untuk memastikan hal tersebut, disarankan agar Anda segera menghubungi dokter demi mendapatkan diagnosis yang tepat.

BACA JUGA: 6 Manfaat Minyak Zaitun Untυk Rambut Anak ԁаn Bayi

Penyebab Seseorang Mengalami Insomnia

Adanya insomnia pada seseorang tentunya dikarenakan oleh beberapa sebab. Setiap orang akan memiliki sebab yang berbeda-beda. Apa saja penyebab seseorang mengalami insomnia? Berikut penjelasannya.

  1. Stres

Penyebab umum dan bisa dibilang paling utama atas terjadinya insomnia Anda yaitu stres. Stres akan memberikan dampak pada otak seperti berpikir tiada henti, tertekan, dan diselimuti rasa takut. Tidak adanya waktu bagi otak untuk beristirahat akan membuat tubuh terjaga sepanjang hari meskipun Anda telah memasuki waktu tidur. Stres bisa terjadi karena banyaknya tuntutan deadline, revisi, atau dikarenakan patah hati.

  1. Terlalu Banyak Makan

Banyak anggapan bahwa tidak makan sebelum tidur akan mengganggu waktu tidur. Tetapi makan berlebih pun juga akan membuat Anda kesulitan tidur. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan pada tubuh Anda sedang bekerja sehingga tidak bisa dipaksakan untuk beristirahat. Jadi, disarankan untuk makan di waktu yang tepat dengan porsi yang tepat agar Anda memiliki kualitas istirahat yang baik.

BACA JUGA: Mengenali Makanan yang Baik dan Dilarang Bagi Penderita Cacar Air

  1. Memiliki Jam Tidur yang Tidak Teratur

Penyebab lainnya adalah Anda tidak memiliki jadwal tertentu untuk mengistirahatkan tubuh. Ketidakteraturan jadwal Anda akan membuat tubuh tidak memiliki ‘alarm’ alami untuk berisitrahat. Sehingga ketika Anda merasa lelah, bisa jadi tubuh tidak menerima hal tersebut sebagai rangsangan agar beristirahat. Selain itu, kebiasaan buruk saat beristirahat juga bisa menjadi faktor lainnya. Misalnya bermain game atau  smartphone dengan berbaring, atau lingkungan yang tidak kondusif untuk beristirahat dapat menjadi alasan mengapa Anda kesulitan tidur.

BACA JUGA:

  1. Mengonsumsi Obat Tertentu

Ada beberapa obat yang memberikan efek samping insomnia. Jika Anda mengonsumsi obat tersebut, maka obat itulah yang menjadi penyebab insomnia Anda. Insomnia yang dialami pada umumnya berjangka waktu pendek karena efek samping obat tidak berlangsung lama. Insomnia jenis ini masih terbilang aman dan akan hilang setelah Anda berhenti mengonsumsi obat-obat tertentu tadi.

  1. Mengonsumsi nikotin, kafein, dan alkohol

Penyebab insomnia lainnya yaitu mengonsumsi nikotin, kafein atau alkohol. Kandungan bahan minuman tersebut memang bertujuan untuk membuat tubuh tetap terjaga. Terlebih jika Anda mengonsumsinya setiap hari, maka dampak insomnia Anda juga bisa berjangka waktu panjang.

Telah disebutkan dan dijelaskan beberapa faktor penyebab seseorang insomnia secara umum. Namun, ada beberapa hal lain yang akan meningkatkan resiko seseorang mengalami insomnia. Apa saja faktor tersebut?

  1. Seorang wanita yang mengandung.

Wanita yang sedang mengandung akan mengalami insomnia. Hal ini biasanya dikarenakan aktivitas hormon tertentu pada tubuh sehinga menyebabkan emosinya tidak stabil. Oleh karena itu ibu hamil akan merasa cemas, khawatir atau hal tertentu selalu dipikirkan. Selain itu, ibu hamil juga memiliki gejala nyeri punggung di malam hari. Hal ini bisa meningkatkan resiko ibu hamil mengalami insomnia.

  1. Usia di atas 60

Seseorang yang memiliki usia di atas 60 akan memiliki resiko terkena insomnia lebih tinggi. Sebab di usia tersebut kesehatan seseorang akan menurun. Sehingga tubuh lebih sering terkena penyakit yang menyebabkan tubuh memiliki kualitas istirahat yang tidak ideal.

  1. Memiliki riwayat penyakit mental

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa stres adalah penyebab utama seseorang terjangkit insomnia. Jika seseorang memiliki riwayat gangguan mental, maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut juga pernah stres berlebih sehingga kesehatan mentalnya terganggu. Hal ini bisa menjadi salah satu sebab meningkatnya resiko insomnia.

Istirahat adalah salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebugaran atau kesehatan tubuh. Hal ini juga sama pentingnya seperti menjaga pola makan dan melakukan olahraga. Oleh karena itu, memiliki kualitas tidur yang tidak baik bisa memberikan efek yang buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang buruk tentunya tidak akan memiliki fokus yang baik. Apabila ini terjadi pada pelajar atau karyawan, tentu akan memberi dampak yang buruk pada pekerjaannya. Selain itu, seseorang yang sering mengalami insomnia juga tidak dianjurkan untuk mengemudi. Hal ini akan berakibat fatal pada keselamatannya di jalan. Dampak berbahaya lainnya, seseorang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan beresiko tinggi memiliki sejumlah masalah kesehatan akibat menurunnya kemampuan tubuh dalam membentuk proteksi diri.

Upaya Pencegahan Insomnia

Setelah memahami penjelasan di atas, ternyata insomnia tidak dapat diremehkan begitu saja. Insomnia nyatanya memberikan dampak negatif bagi kesehatan dan kelangsungan hidup seseorang. Mengetahui ini, tentu dibutuhkan beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk upaya pencegahan agar insomnia tidak terjadi pada Anda, bukan? Maka dari itu berikut akan dibahas beberapa pencegahan yang bisa dilakukan oleh Anda.

  1. Paksakan tubuh untuk memiliki waktu tidur yang terjadwal. Seberapa sibuknya Anda, memiliki kualitas tidur yang baik tetaplah sebuah prioritas demi menjaga kesehatan.
  2. Menjaga pola makan. Memiliki watu makan yang terjadwal juga tidak bisa Anda abaikan begitu saja. Apabila hal ini Anda lakukan secara rutin, tubuh tidak hanya terbebas dari insomnia, namun juga beragam jenis penyakit lainnya.
  3. Kurangi mengonsumsi kafein, nikotin, ataupun alkohol. Kandungan pada bahan tersebut tidak baik untuk kesehatan Anda. Beberapa jenis minuman yang memiliki kandungan tersebut yaitu kopi, teh, dan kola. Silakan minum dalam takaran yang wajar saja.
  4. Buat tempat tidur Anda senyaman dan semenarik mungkin. Meski hal ini terlihat kekanak-kanakan, menciptakan ruangan yang menyenangkan untuk beristirahat tentunya akan membantu tubuh ingin segera istirahat.
  5. Melakukan cek kesehatan. Meski Anda tidak memiliki keluhan pada kesehatan Anda, melakukan check up bisa menjadi cara pencegahan dini untuk segala macam penyakit.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *