Ini Dia Kebiasaan Baik Untuk Mengendalikan Berat Badan Anda

Image result for turun berat badan

Berat badan sudah lama menjadi momok menakutkan, khususnya bagi para wanita. Selain karena badan dengan berat berlebih cenderung rentan terhadap penyakit, tubuh dengan berat badan berlebih juga bisa membuat seorang wanita merasa minder akan penampilannya.

BACA JUGA: 10 Hobi Untuk Meningkatkan Intelegensi

Ini semua kembali kepada gaya hidup. Jika Anda mampu menerapkan gaya hidup sehat secara ketat, khususnya untuk makanan, maka berat badan bukanlah sesuatu yang harus Anda khawatirkan lagi. Jadi, gaya hidup seperti apa yang harus Anda adopsi jika ingin mengendalikan berat badan? Panduan di bawah ini mungkin bisa memberikan sedikit petunjuk.

  1. Tentukan target yang realistis. Saat menentukan target, Anda harus menggunakan perspektif yang rasional. Tentu merupakan angan-angan jika Anda ingin mempunyai badan seperti model dalam waktu yang pendek. Semua butuh proses dan dengan menentukan target yang realistis, proses tersebut akan berjalan lebih cepat dari yang Anda bayangkan.
  2. Menerapkan pola pikir positif. Tubuh yang sehat berawal dari pikiran yang sehat. Peribahasa tersebut sangat cocok diaplikasikan dengan tema berat badan. Meskipun usaha Anda untuk mengendalikan berat badan belum tentu berhasil, jika Anda mengawalinya dengan pola pikir yang optimis, maka Anda sudah setengah jalan untuk mewujudkan ambisi tersebut.
  3. Aktif bergerak. Siapapun tahu kita akan membakar kalori saat bergerak. Jika Anda benar-benar ingin mengontrol berat badan Anda, maka kebiasaan bergerak merupakan suatu keharusan. Jangan malas untuk bergerak ke sana kemari dan membakar kalori secara konstan untuk mencapai target Anda.
  4. Minum air putih. Tubuh manusia terdiri lebih dari 80% air sehingga dehidrasi adalah hal terakhir yang Anda inginkan saat sedang berencana untuk mengendalikan berat badan. Air merupakan zat yang paling penting dalam diet seseorang dan harus selalu ada dalam asupan gizi harian walaupun Anda sedang membatasi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  5. Makan cukup serat. Mengendalikan berat badan erat hubungannya dengan proses pencernaan. Karenanya, pastikan bahwa sistem pencernaan Anda bekerja dengan normal setiap saat. Mengkonsumsi makanan kaya serat bisa menjadi salah satu kebiasaan yang Anda mulai saat akan mengendalikan berat badan. Makanan-makanan seperti beras merah, jagung, kacang-kacangan, brokoli, kol, alpukat, pisang, pepaya dan pir adalah contoh-contoh makanan kaya serat yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Serat yang terkandung dalam makanan-makanan tersebut dapat memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh Anda, termasuk di antaranya memperlambat penyerapan glukosa, mengendalikan kolesterol, membersihkan saluran pencernaan dan membantu mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh
  6. Perbanyak frekuensi makan tapi kurangi porsinya. Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Nyatanya, anggapan ini salah. Makan dengan porsi besar walaupun hanya sekali justru akan membawa masalah baru. Cukup modifikasi menu Anda dengan mengurangi porsi dalam sekali makan, contohnya tetap makan 3 kali dalam sehari seperti sebelumnya, namun kurangi porsinya hingga setengah.
  7. Makan sebelum jam 6 sore. Pada dasarnya, porsi sarapan harus lebih banyak makan siang karena aktivitas kita cenderung lebih berat di pagi hari. Sementara itu, porsi makan siang sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda harus makan sekali lagi, maka usahakan agar makan sebelum jam 6 sore karena makanan yang masih setelah waktu tersebut cenderung menumpuk di dalam tubuh selama semalam. Jika Anda masih lapar, hindari konsumsi makanan yang penuh karbohidrat seperti nasi. Buah-buahan bisa menjadi alternatif yang menarik.
  8. Hindari gula dalam setiap asupan makanan Anda. Gula adalah zat yang mudah memicu timbunan lemak di dalam tubuh sehingga sebisa mungkin harus Anda hindari. Selain berisiko mengganggu program pengendalian berat badan Anda, konsumsi gula secara berlebih juga dapat menimbulkan risiko diabetes, kolesterol, obesitas hingga gigi berlubang. Gula biasanya dapat ditemukan pada makanan-makanan seperti nasi, snack dan minuman bersoda.
  9. Jika Anda sudah berolahraga, maka lanjutkan kebiasaan baik tersebut. Jika belum, maka Anda harus memulainya jika ingin program pengendalian berat badan Anda berjalan dengan baik. Banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan.
  10. Salah satu di antara olahraga yang bisa Anda lakukan adalah latihan cardio yang bisa bervariasi dari jalan cepat, berlari, bersepeda dan berenang. Pada intinya, latihan cardio adalah latihan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh dan memberikan kerja yang baik pada otot-otot di seluruh tubuh kita mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, oto lengan hingga otot pundak.
  11. Sit-up dan push-up. Olahraga lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mendukung proses pengendalian berat badan Anda adalah sit-up dan push-up. Anda tentu sudah familiar dengan kedua gerakan yang simple dan ringan namun efektif ini bukan? Agar mendapatkan hasil maksimal, lakukan latihan ini secara rutin setiap harinya. Mulailah dengan intensitas ringan dan tambah sedikit demi sedikit sampai sekuat Anda bisa melakukannya. Waktu terbaik untuk melakukan latihan jenis ini adalah pada pagi hari saat Anda baru bangun tidur.
  12. Olahraga lainnya yang bisa menjadi pertimbangan bagi Anda adalah yoga. Olahraga yang satu ini tidak membutuhkan banyak kerja otot namun lebih berfokus pada pada kekuatan, kelenturan dan pernapasan. Olahraga ini berasal dari India dan belakangan cukup populer di Indonesia. Selain dapat membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh, gerakan-gerakan dalam yoga khususnya saat meditasi akan membuat pikiran Anda lebih tenang dan terfokus pada tujuan mengendalikan berat badan yang Anda lakukan.
  13. Minum air jeruk nipis. Perasan air jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Karena kaya serat, jeruk nipis bagus untuk memperlancar pencernaan Anda. Selain itu, kandungan vitamin C yang berlimpah dalam jeruk nipis dapat bertindak sebagai agen penyerap lemak dalam tubuh sehingga dapat berkontribusi langsung pada turunnya berat badan. Air jeruk nipis cocok diminum pada pagi hari. Tambahkan sedikit gula agar rasanya tidak terlalu asam.
  14. Minum teh hijau. Ini merupakan salah satu cara tradisional dan alami dalam menurunkan berat badan yang sudah terbukti selama bertahun-tahun. Meskipun rasanya tidak terlalu nikmat, namun teh hijau mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk menurunkan berat badan. Banyak wanita yang mengaku berat badannya turun secara drastis setelah mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Untuk memberikan manfaat secara maksimal, teh hijau memang harus diminum secara rutin setiap hari. Jangan tambahkan gula pada larutan teh hijau yang Anda buat karena itu akan mengurangi khasiatnya.
  15. Minum madu dan jahe. Seperti halnya teh hijau, madu dan juga jahe sudah lama dikenal sebagai minuman herbal yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi kedua makanan ini secara bersamaan untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

BACA JUGA: 10 Negara Produsen Wanita Tercantik Di Dunia

Nah, itu dia beberapa kebiasaan yang bisa membantu Anda untuk mengendalikan berat badan. Jangan lupa untuk menjalankan kebiasaan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *