Ingin Belajar Musik? Coba 5 Instrumen Berikut Ini

 

Musik adalah salah satu bentuk seni yang paling populer di kalangan masyarakat awam. Tidak seperti lukisan atau sastra yang mungkin cukup berat bagi sebagian orang, musik dapat dengan mudah menjangkau audiens secara luas dan cenderung tanpa batasan. Bahkan anak-anak pun suka musik. Bernyanyi adalah salah satu contoh aplikasi musik yang paling mudah. Siapapun bisa bernyanyi, terlepas dari kualitas suaranya.

Image result for gitar blibli

Nah, bila Anda ingin membawa kemampuan musik Anda setingkat lebih tinggi, atau bila pada dasarnya kualitas suara Anda kurang memadai untuk bernyanyi, maka Anda bisa mencoba memainkan alat musik. Para musisi sering menyebut alat musik sebagai instrumen, jadi kita akan mengikuti hal tersebut.

Baca juga: 10 Olahraga Ekstrim Untuk Memacu Adrenalin Anda

Banyak sekali instrumen yang bisa Anda pelajari, dari yang mudah hingga yang sulit. Biasanya tingkat kecepatan pembelajaran seseorang sebelum menguasai sebuah instrumen tergantung dari berbakat atau tidaknya orang tersebut. Tapi, seperti semua proses belajar, ada baiknya Anda memulai dengan yang mudah terlebih dahulu sebelum mencoba yang lebih sulit. Beberapa instrumen ini bisa Anda coba saat akan memulai proses belajar.

  1. Alat musik tiup yang satu ini sangat populer dan dapat dimainkan oleh siapapun di seluruh belahan dunia. Setiap tahunnya, lebih dari 10 juta harmonika diproduksi di seluruh dunia. Harmonika pertama kali ditemukan pada tahun 1821 dan berasal dari Jerman. Instrumen ini banyak digunakan oleh musisi-musisi dunia untuk memperkaya suara yang ada dalam lagu mereka. Harmonika adalah instrumen yang fleksibel dan dapat dimasukkan dalam berbagai jenis lagu. Mempelajari harmonika sangat mudah karena tidak membutuhkan teknik yang terlalu sulit. Bahkan banyak anak-anak dapat memainkan instrumen ini pada usia dini.
  2. Instrumen berikutnya yang cukup mudah untuk dipelajari adalah ukulele. Agak mirip dengan gitar namun datang dalam ukuran yang lebih kecil, ukulele menghasilkan suara yang khas dan unik. Instrumen yang satu ini sering diidentikkan dengan Hawaii, namun sebenarnya pertama kali dibawa oleh orang Portugal yang sedang berlibur ke Hawaii. Ukulele sendiri berarti “kutu loncat” dalam bahasa Hawaii. Hal ini mungkin terinspirasi dari suaranya yang agak tinggi. Banyak orang terkenal yang sering memainkan ukulele di waktu senggang mereka, di antaranya salah satu personil The Beatles George Harrison dan astronot pertama yang menginjakkan kaki di bulan Neil Armstrong. Senar ukulele umumnya terbuat dari bahan nilon tapi ada juga yang menggunakan kulit domba atau kambing. Lagu terpopuler yang menggunakan instrumen ukulele di dalamnya adalah single I’m Yours dari Jason Mraz.
  3. Alat musik tiup yang satu ini juga cukup mudah dipelajari walaupun untuk dapat menjadi pemain suling yang handal, Anda harus mempunyai kecepatan dan kecekatan tangan yang tinggi. Suling datang dalam berbagai jenis berdasarkan nada yang dihasilkan, di antaranya suling alto, suling tenor, suling bass, suling contrabass dan suling piccolo. Umumnya suling didesain dengan jangkauan nada mencapai 3 oktaf. Dalam perkembangannya, berbagai macam bahan pernah digunakan sebagai bahan dasar pembuat suling antara lain tulang, kayu, kaca, gading, plastik, perak, emas dan platinum. Suling juga merupakan instrumen yang cukup populer di mata banyak orang, dua di antaranya adalah George Washington dan Leonardo da Vinci. Sejarah suling sendiri bisa ditelusuri hingga 35.000 tahun lalu saat pertama kali muncul di Jerman.
  4. Instrumen yang satu ini dimainkan dengan cara dipetik dan mungkin merupakan instrumen paling penting bagi para musisi dunia. Gitar berasal dari Persia dan pertama kali muncul sekitar 3.500 tahun yang lalu. Kala itu, nama yang lebih dikenal oleh masyarakat lokal adalah “Tanbur”. Ukuran dan desain standar gitar seperti yang kita ketahui sekarang ditemukan oleh gitaris asal Spanyol bernama Antonio Torres Jurado. Umumnya gitar datang dengan 6 senar walaupun ada pula yang mempunyai 4, 7, 8, 10 dan 12 senar. Senar-senar tersebut biasanya terbuat dari bahan nilon. Mempelajari gitar mungkin membutuhkan waktu beberapa lama dan latihan yang intensif, namun tidak termasuk kategori yang sangat sulit.
  5. Instrumen yang satu ini juga tergolong mudah untuk dipelajari, asal Anda mempunyai minat yang besar untuk mempelajarinya. Piano pertama yang diciptakan di dunia adalah piano yang dibuat oleh Bartolomeo Cristofori di Italia pada tahun 1698, jadi instrumen ini masih tergolong baru jika dibandingkan dengan suling atau gitar. Nama piano sendiri merupakan kependekan dari nama aslinya yakni pianoforte. Berasal dari bahasa Italia, nama ini diberikan berdasarkan kemampuan piano untuk menghasilkan suara yang sangat lembut (piano) atau suara yang sangat nyaring (forte). Piano dikenal sebagai “raja dari segala instrumen” karena jangkauan range nadanya yang sangat panjang dari double-bassoon hingga piccolo. Ini dimungkinkan karena piano itu sendiri tersusun dari 7.500 komponen yang bekerja secara simultan saat dimainkan. Merek piano yang paling terkenal di dunia adalah merek Steinway.
  6. Jika piano mungkin terlalu sulit untuk dikuasai bagi Anda, ada alternatif lainnya yang sedikit lebih mudah, yakni keyboard. Cara memainkan keyboard mirip dengan piano walaupun suara yang dihasilkan cukup berbeda. Fitur lain dari keyboard yang tidak dimiliki piano adalah kegunaannya yang juga bisa berfungsi sebagai mixer. Jadi, dalam satu keyboard Anda bisa menghasilkan banyak suara berbeda yang jika dimainkan dengan tepat akan menghasilkan melodi yang indah. Keyboard juga cocok untuk digunakan dalam berbagai genre musik mulai dari rock, pop, jazz, blues, alternatif bahkan gospel. Salah satu merek keyboard paling terkenal di dunia adalah Yamaha, yang memproduksi lebih dari 770.000 keyboard tiap tahunnya. Casio juga merupakan produsen keyboard yang cukup berkualitas.

Baca JUGA: 10 Lokasi Bulan Madu Favorit Di Dunia

Itu dia beberapa instrumen yang paling mudah untuk dikuasai bagi Anda yang baru belajar alat musik. Selain mengerahkan usaha dengan maksimal, Anda juga bisa:

  1. Mencari jasa les instrumen. Dengan bantuan guru musik, Anda akan mendapat panduan yang lebih lengkap tentang bagaimana menguasai suatu alat musik dengan cepat. Banyak sekolah-sekolah musik yang menawarkan les privat untuk alat musik.
  2. Menyewa instrumen. Beberapa instrumen yang kita bahas di atas mempunyai harga yang tidak murah. Jadi bila Anda belum yakin akan benar-benar memilih instrumen tersebut sebagai alat musik yang ingin Anda kuasai, Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan menyewanya.

Apapun instrumen yang Anda pilih, penting untuk memberikan usaha lebih selama proses pembelajaran agar Anda cepat menjadi ahli. Bagaimanapun, practice makes perfect dan itu juga berlaku saat Anda belajar sebuah instrumen. Selain itu, Anda juga membutuhkan kesabaran lebih saat berlatih. Jangan menyerah jika Anda gagal menguasai suatu instrumen. Mungkin Anda lebih cocok memainkan instrumen lain. Eksplor minat dan bakat Anda dengan seksama sebelum menentukan pilihan. Selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *