Cara Mudah Mengobati Sakit Tenggorokan

Image result for painkiller drug

Kini untuk mengobati sakit tenggorokan bukanlah menjadi suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sakit tenggorokan tersebut, seperti dengan berkumur dengan air garam, memperbanyak minum air mineral dan sebagainya. Munculnya sakit tenggorokan atau radang tenggorokan memang sangat tidak mengenakkan, pasalnya ketika kita memakan apapun atau minum apapun pasti akan terasa sakit ketika hendak menelannya. Hal demikianlah yang membuat kebanyakan orang bingung ketika sedang mengalami sakit radang tenggorokan ini.

Walaupun demikian munculnya sakit radang tenggorokan ini bisa dijadikan pertanda bahwa seseorang yang sedang terkena sakit radang tenggorokan ini ia akan mengalami pilek atau batuk. Sakit radang tenggorokan ini biasanya sering terjadi ketika masa-masa pergantian musim, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Oleh sebab itu saat-saat tersebut anda bisa menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena sakit radang tenggorokan. Namun apabila terlanjur terkena sakit radang tenggorokan berikut ada beberapa cara mudah untuk mengobati sakit tenggorokan.

Kumur dengan air garam

Cara pertama yang bisa anda coba saat mengalami sakit radang tenggorokan adalah dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampuri dengan garam yang dapat meredakan nyeri dan rasa panas di tenggorokan. Menurut beberapa penelitian dari kesehatan mengemukakan bahwa berkumur dengan air garam beberapa kali dalam satu hari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan, mencairkan lendir, membantu membersihkan dan membilas bakteri serta menuntaskan berbagai penyebab iritasi yang menyebabkan ketidaknyamanan anda saat menelan makanan atau minuman.

BACA JUGA:  Menu Sehat dan Lezat Untuk Mengendalikan Gula Darah yang Patut Anda Coba

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati radang tenggorokan dengan berkumur air garam yakni campurkan 1 sendok teh garam dapur dengan secangkir air hangat, aduk sampai garam tadi larut dalam air hangat. Setelah itu gunakan air garam hangat tadi untuk berkumur selama beberapa detik, kemudian keluarkan. Ulangi hal tersebut beberapa kali dalam sehari agar rasa sakit di tenggorokan dapat segera reda. Nah, adapun bagi anda yang tidak tahan denga rasa asin garam, anda dapat mencampurnya dengan madu untuk mengimbangi rasa asin garam.

Memperbanyak minum air mineral

Salah satu faktor yang bisa memicu timbulnya sakit radang tenggorokan adalah kurangnya cairan air mineral. Menjaga asupan air mineral bagi tubuh memang sangat penting, terlebih lagi jika anda sedang terkena sakit radang tenggorokan, maka menjaga asupan cairan tubuh atau air mineral sangat penting guna membantu proses penyembuhan dan meringankan rasa sakit di tenggorokan.

Ketika tubuh anda sedang lelah dan kekurangan cairan tubuh, maka hal ini menyebabkan tubuh tidak bisa memproduksi air liur dan lendir yang cukup sehingga tidak bisa menjaga kelembapan tenggorokan. Hal inilah yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan di tenggorokan semakin parah.

Oleh karena itu mengkonsumsi air mineral sangat penting dalam rangka penyembuhan penyakit radang tenggorokan. Hal ini akan membuat selaput lendir anda tetap terjaga kelembapan nya dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri penyebab iritasi di tenggorokan serta membantu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi gejala batuk, pilek dan flu lainnya.

BACA JUGA: Olahraga dan Makanan yang Baik Untuk Mengecilkan Perut

Air putih atau air mineral memang merupakan salah satu solusi terbaik dalam mengatasi sakit radang tenggorokan. Namun anda pun sebenarnya juga bisa mengganti air mineral tersebut dengan teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat atau sop ayam. Sebenarnya sop ayam sendiri juga memiliki kandungan anti peradangan yang juga berfungsi untuk meredakan peradangan pada tenggorokan. Jika anda kesulitan menelan makanan yang berserat maka cobalah makan dengan menggunakan sop ayam, selain enak yang pastinya anda juga tetap mengusahakan pengobatan bagi sakit tenggorokan anda.

Permen pelega tenggorokan

Di pasaran dan di toko-toko banyak kita jumpai para pedagang yang menjual berbagai macam permen pelega yang mengandung menthol, peppermint, dan bahan lain yang bisa memberikan rasa sejuk di mulut dan tenggorokan. Bahan-bahan tadi mengandung ekstrak anti peradangan, anti bakteri dan anti virus yang dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan.

Permen yang mengandung bahan menthol, peppermint dan sejenisnya serta obat batuk memang berfungsi untuk meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan tetap lembap. Namun yang namanya permen ini hanya mampu memberikan rasa lega untuk sementara waktu, dan tidak masalah untuk mengatasi peradangan tenggorokan bila dibutuhkan dalam keadaan darurat.

Air perasan lemon

Kandungan yang ada di dalam jus lemon yaitu berupa ekstrak astringent yang bisa membantu untuk mengempiskan pembengkakan yang berada di tenggorokan, kandungan cairan asamnya juga bisa mematikan virus dan bakteri sebagai penyebab iritasi.

Cara pengobatannya pun relatif mudah, anda cukup mencampurkan 1 sendok teh jus lemon dengan 1 gelas air hangat. Kemudian gunakanlah untuk berkumur beberapa kali dalam sehari sebagai pengobatan alternatif sakit radang tenggorokan.

Kumur cuka apel dan garam

Obat berkumur selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati sakit radang tenggorokan adalah dengan menggunakan cuka apel dan campuran garam. Cuka apel yang memiliki sifat masam ini sangat berguna untuk melapisis dinding tenggorokan dan sangat efektif untuk membunuh virus dan bakteri. Adapun caranya cukup mudah, anda tinggal mencampurkan masing-masing ¼ cangkir cuka apel, ¼ cangkir madu dan di tambah 1 sendok the garam di campur air hangat. Gunakan untuk berkumur setiap 4 jam sekali agar sakit tenggorokan segera sembuh.

Kumur air kunyit

Salah satu rempah-rempah yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan sakit radang tenggorokan salah satunya adalah kunyit. Ia memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat dan sangat berfungsi untuk memerangi virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan. Cara pakai nya pun juga sangat simple, anda cukup mencampurkan ½ sendok makan bubuk kunyit dan ½ sendok teh garam kedalam segelas air hangat. Gunakanlah untuk berkumur selama beberapa detik kemudian ulangi beberapa kali dalam sehari guna meredakan sakit radang tenggorokan.

Mandi air hangat

Cara yang paling mudah dalam mengatasi sakit radang tenggorokan yaitu  dengan mandi menggunakan air hangat. Caranya sebenarnya cukup simple, ketika anda sedang mandi air hangat maka otomatis anda akan menghirup udara lembap dari air hangat tersebut. Menghirup udara lembap dapat membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus juga dapat meringankan hidung tersumbat.

Obat pereda nyeri

Penanganan untuk mengobati sakit radang tenggorokan yang terakhir adalah dengan menggunakan obat pereda nyeri atau obat pereda radang tenggorokan. Namun alangkah baiknya untuk pengobatan sakit radang tenggorokan ini di usahakan dengan menggunakan obat atau alternatif pengobatan herbal. Sebab dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal kita juga akan menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh.

Demikianlah beberapa ulasan tentang berbagai mengobati sakit tenggorokan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit radang tenggorokan. Sebagai bahan pertimbangan untuk anda dalam mengobati sakit radang tenggorokan, usahakanlah untuk menggunakan obat-obatan herbal terlebih dahulu yang tidak memiliki efek samping setelah mengkonsumsi obat tersebut.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *