8 Tips Memadukan Busana Untuk Interview Kerja, Pasti Berhasil

Image result for ootd kemeja pria

Memadukan busana untuk interview kerja memang tampak sepele, namun tetap saja hal ini perlu diperhatikan. Gaya busana dapat membantu pelamar kerja untuk mendapatkan posisi kerja yang diinginkan. Karena itu jika ingin berhasil, sebaiknya cara berbusana ini harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan serta posisi kerja yang sedang dilamar. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips memadukan busana untuk interview kerja yang paling tepat.

  1. Warna Pakaian

Pemilihan warna pakaian merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebab karakter bisa ditunjukkan melalui warna pakaian. Untuk proses interview kerja sebaiknya gunakan pakaian dengan warna yang tidak terlalu cerah agar tidak mengurangi wibawa. Selain itu berikan kesan karakter yang kuat misalnya karakter percaya diri yang umumnya disimbolkan dengan warna merah. Bisa juga saat interview kerja mengenakan pakaian berwarna pastel yang lembut. Corak pakaian juga perlu dijadikan pertimbangan. Jangan sampai memakai pakaian dengan corak yang terlalu ramai serta penuh dengan gambar. Tentunya hal ini tidak akan menambah kesan bagi karakter Anda. Sebaiknya gunakan pakaian yang polos atau bisa juga pakaian dengan motif semi batik.

  1. Gaya Berpakaian

Selain warna dan corak pakaian tentunya gaya berpakaian juga akan menjadi penilaian bagi orang lain. Oleh karena itu gunakanlah pakaian yang cukup sederhana namun memberikan kesan baik pada Anda. Jangan mengenakan baju dengan gaya yang berlebihan sehingga makin terkesan norak. Sebagai masukan saja sebaiknya Anda tidak memakai pakaian yang merupakan setelan bisnis. Sebab hal ini akan membuat Anda terkesan memiliki kepercayaan diri yang berlebih hingga lebih mengarah pada kesan sombong atau arogan. Gaya pakaian juga tidak perlu berlebih dan berlapis-lapis. Gunakan pakaian seadanya saja tanpa ditambah dengan gaya unik yang sedang kekinian. Sebab interview kerja merupakan suatu kagiatan semi-formal yang harus disikapi salah satunya dengan penggunaan busana semi-formal yang rapi. Untuk wanita sebaiknya tidak berpakaian dengan gaya feminin agar tidak mengurangi kesan dari kualitas Anda sebagai pekerja yang aktif dan lincah.

Baca juga: 5 Gadget Keren Paling Laris Di Tahun 2018, Murah Dan Bergaransi

  1. Merk Pakaian

Satu lagi yang perlu diperhatikan dalam berpakaian saat hendak mendatangi proses interview kerja yaitu merk dari pakaian yang akan dikenakan. Sebaiknya tidak perlu memakai pakaian dengan merk yang terkenal dan mahal. Yang perlu dipahami di sini adalah bahwa Anda sedang melamar kerja karena membutuhkan suatu pekerjaan. Manajer HRD tidak akan melirik merk pakaian kandidat dan tidak akan peduli dengan merk pakaian Anda. Pada kebanyakan kasus pakaian bermerk justru hanya akan membuat pemakainya menjadi tampak sombong sekaligus ingin tampil dan diakui keberadaannya. Kandidat pekerja dengan penampilan yang demikian seringkali justru tidak disukai dan tidak dihargai. Oleh karena itu datanglah ke panggilan interview kerja dengan pakaian yang sederhana saja namun tetap terkesan rapi dan enak dipandang.

  1. Keserasian

Perpaduan busana haruslah diperhatikan bagi para pelamar kerja. Misalnya saja pakailah celana panjang berwarna hitam yang sekiranya terkesan semi formal dan selalu cocok bila dipadu padankan dengan semua warna. Pilihlah pula atasan yang cukup terang untuk mengimbangi bawahan berwarna gelap. Gunakan pula atasan blouse atau kemeja dengan style yang sederhana namun tetap dapat mempermanis penampilan. Sedangkan untuk kaum pria bisa mengenakan atasan lengan panjang yang sederhana atau memiliki sedikit corak misalnya sepert corak lengan yang sederhana. Pemakaian busana juga perlu disesuaikan dengan posisi kerja yang hendak dilamar sehingga penampilan Anda sebagai kandidat akan tampak lebih meyakinkan.

Baca juga: 7 Cara Alami Agar Wajah Tidak Mudah Jerawatan Tanpa Efek Samping

  1. Aksesoris

Saat mendatangi proses interview kerja tidak perlu berbusana dengan menambahkan berbagai macam aksesoris di tubuh. Hal ini terutama berlaku bagi para wanita yang sedang melamar suatu pekerjaan dan mendapat tanggapan berupa panggilan interview. Aksesoris berupa perhiasan seperti cincin atau kalung tidak perlu digunakan secara berlebihan. Gunakan saja anting dan sebuah cincin dengan motif yang sederhana. Cincin dan anting juga sebaiknya tidak memiliki mata yang telalu berkilau dan mencolok karena hal tersebut hanya akan membuat penampilan semakin terkesan norak. Pemakaian parfum juga tidak perlu berlebihan. Yang penting dalam hal ini adalah penampilan tampak sopan dan rapi serta tetap pastikan bahwa aroma pakaian dan tubuh tetap segar serta tidak apek. Hindari pula bau keringat dan bau badan yang berlebihan dengan cara menggunakan deodorant secukupnya atau dengan mengoleskan sedikit bedak penghilang bau badan.

  1. Make Up

Bagi para wanita yang datang ke acara interview kerja dengan memakai make up yang tebal dan berlebihan tentu saja akan membuat manajer HRD menjadi tertawa. Pemakaian make up yang tebal dan berlebihan akan menimbulkan kesan yang tidak baik. Anggapan tentang merias diri dalam waktu yang cukup lama akan dilabelkan pada Anda sehingga hal ini akan mengurangi penilaian kualitas kerja. Untuk menyiasatinya maka gunakanlah riasan yang ringan dan terkesan natural. Yang penting adalah riasan yang dipakai akan membuat wajah dan penampilan selalu tampak segar. Gunakan saja sedikit foundation atau BB cream secukupnya. Lighting dan contouring juga bisa ditambahkan untuk mempertegas garis wajah dengan ditambah sedikit polesan pada alis dan bibir.

  1. Sepatu

Pemakaian sepatu harus disesuaikan dengan gaya busana yang dipakai saat mendatangi panggilan interview kerja. Bagi para wanita sebaiknya pakailah sepatu tertutup dengan warna yang lembut dan tidak mencolok serta tidak memiliki hak yang terlalu tinggi. Warna sepatu juga seharusnya disesuaikan dengan warna baju yang dipakai di hari itu agar penampilan tampak sesuai dan pas. Namun pemakian sepatu juga sebaiknya dicocokkan sesuai dengan karakter perusahaan serta posisi yang dilamar oleh pelamar kerja. Pemakaian sepatu kets casual bisa dipakai jika posisi kerja yang dilamar berhubungan dengan lapangan secara langsung dan pekerjaan yang dilamar tidak memiliki posisi di belakang meja kantor.

  1. Tatanan Rambut

Selalu pastikan bahwa tatanan rambut Anda terlihat rapi dengan style tatanan yang cenderung konservatif. Bagi wanita yang berambut panjang sebaiknya kuncirlah rambut menyerupai tatanan ekor kuda dan disisir ke bawah. Jepitlah poni dengan hair clip hitam sehingga rambut tidak akan berantakan. Bagi wanita berambut pendek bisa membiarkannya tergerai namun harus diusahakan agar tetap rapi saat proses interview sedang berlangsung. Sedangkan tips untuk kaum pria hendaknya bawalah sisir kecil guna merapikan rambut sebelum masuk ke dalam ruang interview. Sisirlah rambut dengan style konservatif sehingga menambah kesan wibawa bagi Anda. Rambut tidak perlu diberi gel secara berlebihan agar tatanan rambut terkesan natural.

Itulah beberapa tips memadukan busana untuk interview kerja yang akan bermanfat untuk meyakinkan perusahaan yang dituju. Seorang manajer HRD tentunya hanya perlu satu tatapan saja untuk memastikan karakter seseorang dari busana yang dikenakannya. Oleh karena itu perhatikanlah cara berbusana Anda jika ingin mendapat respon yang positif.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *