10 Olahraga Ekstrim Untuk Memacu Adrenalin Anda

Image result for parkour

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin melakukan olahraga, kita akan membuat tubuh beraktivitas sehingga proses metabolisme dapat berjalan dengan lancar. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari berolahraga secara rutin. Berikut ini hanyalah beberapa diantaranya:

  1. Tubuh akan terasa lebih segar. Meskipun dengan berolahraga kita mengeluarkan banyak tenaga, namun setelahnya Anda akan bisa beristirahat dengan lebih tenang. Setelah bekerja keras, tubuh akan secara otomatis “mematikan” banyak fungsi dalam tubuh saat Anda beristirahat dan ketika bangun, tenaga Anda pun akan penuh kembali. Perbedaanya adalah tidak ada lagi otot-otot yang kaku.
  2. Tidur lebih nyenyak di malam hari. Siapapun yang sering berolahraga pasti akan merasakan manfaat yang satu ini. Setelah mengeluarkan banyak keringat saat berolahraga, tubuh Anda akan terasa lelah. Inilah yang membuat fase tidur dan istirahat Anda menjadi lebih terasa. Anda yang mengalami masalah insomnia di malam hari bisa mencoba berolahraga untuk mengatasinya.
  3. Tingkat konsentrasi meningkat. Tidak peduli apapun jenis olahraga yang Anda lakukan, semuanya membutuhkan konsentrasi lebih. Jika dilakukan berulang-ulang, maka otak Anda akan diprogram untuk menjadi lebih peka dan tajam sehingga Anda akan melakukan aktivitas rutin Anda dengan tingkat konsentrasi dan fokus yang sama.
  4. Dengan meningkatnya konsentrasi dan fokus, maka produktivitas pun dapat bertambah dan Anda mungkin bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dari sebelumnya. Lebih dari itu, Anda pun mungkin saja melakukan multi tasking dengan lebih baik setelah berolahraga secara rutin.
  5. Menjadi lebih bahagia. Meskipun bertujuan untuk menjaga kesehatan, namun faktanya olahraga adalah sebuah hobi yang menyenangkan, apalagi jika Anda melakukannya bersama teman. Dengan berolahraga, Anda bisa melupakan sejenak segala masalah yang harus Anda hadapi dalam keseharian. Setelahnya, Anda mungkin akan mempunyai aura positif yang berguna untuk menghadapi masalah-masalah tersebut.

Setelah tahu manfaat olahraga, Anda tentu penasaran olahraga apa saja yang bisa kita coba. Seperti disebutkan di atas, olahraga merupakan hobi yang menyenangkan karena umumnya melibatkan aktivitas dan gerakan yang memompa adrenalin. Beberapa di antaranya bahkan akan memacu adrenalin Anda hingga titik tertinggi. Olahraga-olahraga inilah yang kita sebut olahraga ekstrim.

Baca JUGA: 10 Lokasi Bulan Madu Favorit Di Dunia

Entah karena tren atau memang karena karakteristik generasi masa kini, namun faktanya olahraga ekstrim semakin menarik banyak peminat dari hari ke hari. Nah, jika Anda merupakan salah satu dari adrenaline junkie tersebut, maka tidak ada salahnya Anda melirik beberapa olahraga ekstrim berikut ini. Siapa tahu Anda bisa menemukan olahraga baru yang bisa Anda jadikan hobi.

  1. Bagi Anda yang suka dengan olahraga air, pasti tahu olahraga ekstrim yang satu ini. Ya, berselancar mungkin merupakan olahraga yang cukup umum sekarang ini, tapi tetap saja masuk ke dalam kategori ekstrim karena tingkat adrenalin yang Anda rasakan saat melakukan olahraga ini. Untuk dapat surfing, Anda hanya membutuhkan papan surfing dan akses ke pantai dengan ombak yang besar. Itu adalah bagian yang mudah. Bagian yang jauh lebih sulit adalah mengumpulkan keberanian untuk “menunggangi” ombak besar yang akan datang saat kebanyakan orang secara naluriah akan menghindari ombak tersebut. Selain itu, proses belajar surfing juga membutuhkan kegigihan dan ketekunan karena akan memakan waktu cukup lama sebelum Anda bisa mahir melakukan olahraga ekstrim ini.
  2. Parkour adalah salah satu olahraga ekstrim yang cukup digemari oleh kalangan anak muda masa kini. Olahraga ini pada dasarnya merupakan disiplin latihan yang dikembangkan dari latihan halang rintang ala militer. Parkour menuntut agilitas dan fleksibilitas tubuh Anda sekaligus stamina karena Anda akan melakukannya sambil berlari, melompat dan banyak gerakan rumit yang cukup sulit untuk dikuasai seperti handstand, backflip dan salto. Maka dari itu, sebelum mencoba parkour, ada baiknya Anda melatih gerakan-gerakan tersebut hingga mahir.
  3. Terjun payung. Olahraga dirgantara yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan pompaan adrenalin di tingkat tertinggi. Pertama Anda akan dibawa naik ke ketinggian tertentu menggunakan pesawat. Setelah cukup tinggi, maka Anda akan diminta mengenakan perlengkapan terjun payung sebelum diajak terjun keluar pesawat dengan parasut masih tertutup. Anda akan memiliki waktu yang cukup lama di atas langit untuk merasakan sensasi adrenalin yang tidak pernah Anda rasakan sebelumnya dan melakukan skydiving, yakni bergerak kesana kemari selagi Anda terjun ke daratan. Setelah beberapa lama, maka Anda akan diminta untuk menarik parasut agar kecepatan terjun Anda melambat sebelum akhirnya sampai kembali ke daratan. Terjun payung cocok bagi Anda yang mempunyai ketertarikan tersendiri akan ketinggian. Jika Anda bukan salah satu orang tersebut, lebih baik lupakan olahraga ekstrim yang satu ini. Selain itu, biaya untuk melakukan olahraga ini juga tidak murah karena jumlahnya yang masih sangat terbatas.
  4. Bungee Jumping. Olahraga ekstrim yang satu ini juga merupakan salah satu favorit anak-anak muda. Biasanya bungee jumping dapat Anda coba saat melakukan liburan ke tempat-tempat seperti pantai atau gunung yang mempunyai tebing dengan ketinggian tertentu. Anda pertama-tama harus naik ke puncak tertinggi, di mana alat bungee jumping dipasang. Dengan alat itu, Anda nantinya akan dilontarkan ke bawah dengan karet spesial yang setelah mencapai titik terendah akan menarik Anda kembali ke titik awal. Olahraga ini jelas bukan untuk orang dengan masalah jantung karena sensasi saat Anda hampir jatuh ke daratan merupakan salah satu pemicu adrenalin paling ekstrim yang bisa Anda rasakan. Biaya untuk melakukan olahraga ekstrim ini cukup mahal tapi relatif terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa olahraga ekstrim lainnya.
  5. Bagi Anda yang punya masalah emosi dan lapar akan olahraga yang memompa adrenalin, maka kickboxing adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Olahraga ekstrim yang satu ini merupakan salah satu seni bela diri yang cukup digemari para adrenaline junkie. Untuk melakukan kickboxing, Anda hanya memerlukan satu set alat kickboxing seperti sarung tinju dan pengaman kepala dan tubuh. Tentunya Anda juga membutuhkan lawan tanding karena kickboxing pada dasarnya adalah pertarungan di mana Anda boleh menggunakan tangan maupun kaki untuk menyerang lawan hingga lumpuh. Pemenang ditentukan melalui hasil pertarungan tersebut, di mana peserta yang bisa menjatuhkan lawannya dianggap sebagai pemenang.
  6. BASE Jumping. Jika Anda mencari olahraga ekstrim yang paling ekstrim, maka BASE jumping adalah jawabannya. Olahraga ekstrim yang satu ini mengkombinasikan skydiving dan terjun payung namun dengan tingkat bahaya yang jauh lebih tinggi. BASE adalah singkatan dari Buildings, Antenna, Spans and The Earth dan ini melambangkan tempat di mana penerjun akan memulai BASE jumping. Ya, Anda tidak perlu naik pesawat untuk melakukan BASE Jumping. Itulah yang membuat faktor risiko olahraga ekstrim yang satu ini begitu tinggi. Salah melakukan perhitungan saat memilih tempat lompatan, maka Anda bisa mengalami cedera bahkan kematian. Karenanya, untuk melakukan olahraga ekstrim yang satu ini, Anda harus benar-benar ditemanis oleh instruktur ahli.

Baca JUGA: Ingin Belajar Musik? Coba 5 Instrumen Berikut Ini

Bagaimana? Apakah ada di antara olahraga di atas yang menarik minat Anda? Jika ya, segera cari informasi di mana Anda bisa melakukan olahraga tersebut. Satu hal yang harus selalu Anda perhatikan adalah faktor keselamatan. Meskipun olahraga-olahraga di atas sudah mempunyai faktor pengamannya masing-masing, Anda harus tetap selalu waspada saat mencoba olahraga ekstrim agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *